Seorang guru perlu memiliki kemampuan khusus. Jabatan guru merupakan
jabatan profesional, yakni jabatan yang hanya dimilki oleh orang-orang
tertentu. Sebagaimana halnya tugas seorang dokter yang berprofesi menyembuhkan
penyakit pasiennya, maka tugas seorang pun memiliki bidang keahlian yang jelas,
yaitu mengantarkan siswa ke arah tujuan yang diinginkan dan mempersiapkan
mereka menjadi generasi yang dapat hidup dan berperan aktif di masyarakat.
Johnson mengatatakan “competency
as rational performance which satisfactorily meets the objective for a desired
condition” (Charles E. Johnson, 1974). Menurutnya kompetensi merupakan
prilaku rasional guna mencapai tujuan yang dipersyaratkan sesuai dengan kondisi
yang diharapkan. Sebagai suatu profesi,
terdapat sejumlah kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, yaitu
meliputi kompetensi pribadi, kompetensi professional, dan kompetensi sosial
kemasyarakatan.
1. Kompetensi Pribadi
Guru sering dianggap sebagai sosok yang memiliki kepribadian yang
ideal. Sebagai seorang model guru harus memiliki kompetensi yang berhubungan
dengan pengembangan kepribadian (personal competencies) diantaranya:
a) Kemampuan yang berhubungan dengan pengamalan ajaran
agama sesuai dengan keyakinan agama yang dianutnya
b) Kemampuan untuk menghormati dan menghargai antar umat
beragama
c) Kemampuan untuk berprilaku sesuai dengan norma-aturan
dan sistem nilai yang berlaku di masyarakat
d)
Mengembangkan sifat-sifat terpuji misalnya sopan santun
dan tata karma
e)
Bersikap demokratis dan terbuka terhadap pembaruan dan
kritik
2. Kompetensi Profesional
Kompetensi profesional adalah kompetensi atau kemampuan yang
berhubungan dengan penyelesaian tugas-tugas keguruan. Kompetensi ini merupakan
kompetensi yang sangat penting. Oleh karena itu, tingkat keprofesionalan guru
dapat dilihat dari kompetensi ini.
Beberapa kemampuan yang berhubungan dengan kompetensi ini diantaranya:
a) Kemampuan untuk menguasai landasan kependidikan
misalnya paham akan tujuan pendidikan yang harus dicapai
b)
Pemahaman dalam bidang psikologi pendidikan misalnya
tentang tahapan perkembangan siswa
c) Kemampuan dalam penguasaan materi pelajaran sesuai
dengan bidang studi yang diajarkannya
d)
Kemampuan dalam mengaplikasikan berbagai metodologi dan
strategi pembelajaran
e)
Kemampuan merancang dan memanfaatkan berbagai media dan
sumber belajar
f)
Kemampuan dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran
g)
Kemampuan dalam menyusun program pembelajaran
h) Kemampuan dalam melaksanakan unsur-unsur penunjang,
misalnya paham akan administrasi sekolah, bimbingan dan penyuluhan
i) Kemampuan dalam melaksanakan penelitian dan berpikir
ilmiah untuk meningkatkan kinerja
3. Kompetensi Sosial Kemasyarakatan
Kompetensi ini berhubungan dengan kemampuan guru sebagai anggota
masyarakat dan sebagai makhluk sosial, meliputi:
a) Kemampuan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan
teman sejawat untuk meningkatkan kemampuan profesional
b) Kemampuan untuk mengenal dan memahami fungsi-fungsi
setiap lembaga kemasyarakatan
c)
Kemampuan untuk menjalin kerjasama baik secara
individual maupun secara kelompok
No comments:
Post a Comment